Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Menjaga Imunitas dengan Herbal Immunomodulator Asli Indonesia, Ini Deretan Khasiatnya

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Para ahli Indonesia tengah mengembangkan immunomodulator herbal untuk mencegah terpapar virus corona atau Covid-19.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr Inggrid Tania menerangkan, immunomodulator adalah zat yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif sehingga dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

lanjut dia menjelaskan, terdapat dua jenis jenis immunomodulator. Pertama imunostimulan yakni senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun.

Ads Air Haji

“Kedua, imunosupresif yakni senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasu, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah pengolahan transplantasi,” ujarnya di Jakarta, pekan ini.

Dia menyebut ada beberapa contoh herbal imunomodulator, di antaranya echinacea yang merupakan bunga asli dari Amerika Utara. Bunga ini bisa mempercepat penyembuhan selama dan infeksi saluran pernapasan atas. Bunga ini juga kontraindikasi untuk penyakit autoimun. Jadi penderita autoimun tidak boleh mengonsumsi bunga ini.

Di Indonesia, herbal imunomodulator terdapat di meniran, jahe merah, dan sambiloto. Meniran bersifat dapat mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air dan aman untuk pemakaian jangka panjang. Jahe merah juga bersifat imunostimulasi dan bersifat antiradang. Sedangkan sambiloto bersifat antivirus, dapat menurunkan demam, dan aman untuk pemakaian jangka panjang.

Nah, para ilmuwan akan mengkombinasikan herbal-herbal tersebut untuk mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal dan seimbang. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.