Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Mentan Dorong TSP Jeruk Terus Lahirkan Inovasi Terkini

0 23

MALANG, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mendorong jajarannya untuk terus melakukan terobosan, terutama pada komoditas jeruk sehingga bisa memenuhi kebutuhan di sektor pertanian.

Contohnya, dibangunnya Taman Sains Pertanian (TSP) Jeruk di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Tanaman Subtropika, di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Mentan SYL ingin di tempat tersebut lahir inovasi-inovasi terkini sesuai dengan kebutuhan zaman.

“Pertanian menjadi sesuatu yang dibutuhkan, industri butuh pertanian dalam negeri, oleh karena itu, kita siapin yuk.” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (16/8).

Di TSP jeruk ini, dikembangkan perbenihan di antaranya teknologi jeruk sitara, bujangseta dan organik. Sedangkan kegiatan pascapanen yang dikembangkan, yaitu packing house operation dan aneka produk olahan jeruk pangan dan non pangan.

Potensi yang dimiliki dari TSP jeruk di Kota Batu, kata SYL adalah salah satu jawaban dari pembahasan mengenai modal majunya pertanian dalam menghadapi segala situasi tantangan yang dihadapi oleh bangsa.

Ads Air Haji

“Batu terkenal dari dulu, tidak boleh mundur, pandemi Covid-19 harus dibajak menjadi sesuatu peluang yang luar biasa. Dan ini akan ada hasilnya jika kita bekerja dengan luar biasa. Indonesia tak boleh kalah, dan jajaran pertanian tak boleh kalah,” katanya.

Kepala Badan Litbang Pertanian Fadjry Jufry menjelaskan, terdapat sinergi yang terintegrasi dari penelitan, produksi sampai dengan pascapanen komoditas tanaman jeruk dan subtropika.

“Areal taman sains terintegrasi dan banyak produk yang kita hasilkan, dan kita berkomitmen untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan harus bisa diterima di masyarakat. Beberapa produk kita hilirisasi dan kita lekatkan dengan KUR dan BUMN.” pungkasnya.

Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II/2020 minus 5,3 persen. Sektor pertanian masih mencatatkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang positif dibandingkan sektor lainnya.

Adapun PDB dari sektor pertanian terhitung naik 2,19 persen pada kuartal II/2020. Selama pandemi Covid-19 (Januari – Mei 2020), permintaan ekspor buah segar meningkat cukup besar hingga mencapai 375,04 ribu ton (meningkat 31,89 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019) dan nilai tambah ekspor meningkat 73,40 persen dibanding periode yang sama tahun 2019 (sebesar USD 191,23 juta). (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.