Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Mentan SYL Siap Lunasi Sisa Utang Pupuk Subsidi Rp 5 T

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) sampai saat ini masih mempunyai utang untuk penyediaan pupuk bersubsidi kepada PT Pupuk Indonesia sebesar Rp 5 triliun. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan akan segera melunasi agar ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani lancar dalam menghadapi masa tanam bulan Oktober 2020 mendatang.

“Utang kita untuk tahun 2015-2019 sekitar Rp 15 triliun. Tahun lalu kami sudah lunasi lebih dari Rp 9,7 triliun. Masih ada sisa Rp 5 triliun,” kata Syahrul saat Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR, Kamis (27/8).

Kendati masih memiliki utang, Mentan Syahrul berharap pemerintah memberikan ruang untuk kembali berutang kepada Pupuk Indonesia. Hal ini karena, pupuk subsidi sangat penting dalam meningkatkan produksi khususnya padi dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok nasional.

Ads Air Haji

Dalam penyaluran pupuk, Mentan Syahrul akan menggunakan Kartu Tani untuk menebus pupuk bersubsidi dari pemerintah. Sebelumnya, menggunakan basis data nomor induk kependudukan.

“Kita tinggal lakukan relaksasi, ini juga permintaan dari KPK. Akan dilakukan tahapan, kalau bisa tahun depan relasasinya,” ucapnya.

Mentan Syahrul mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan relaksasi penyaluran subsidi tersebut. Menurut dia, selama ini penggunaan NIK juga tidak ada masalah karena terbilang akurasi hingga di atas 94 persen dan mendapatkan penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.