Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Merugi, Bakal Banyak Petani Tidak Menanam Cabai

0 6

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Petani cabai tengah dihadapkan kondisi sulit saat ini. Mereka mengeluhkan biaya produksi yang tinggi dibandingkan harga di tingkat petani yang di bawah Rp 10 ribu.

Akibat rendahnya harga, Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Abdul Hamid memperkirakan pada musim tanam berikutnya hanya 20 persen petani yang bisa kembali melakukan penanaman. Ini karena petani kehabisan modal, tidak sebanding pendapatan dengan produksi yang jauh di bawah rata-rata.

Karenanya, harapan dia dengan adanya bebagai insentif dan subsidi gaji dari pemerintah bisa mendorong daya beli masyarakat.

Ads Air Haji

“Kita tunggu dan berharap kucuran dana dari pemerintah bisa menaikkan daya beli, khususnya untuk membeli bahan pangan seperti cabai,” ujarnya, Kamis (3/9).

Dia menyebutkan, harga terendah pada komoditas cabai merah keriting Rp 5 ribu per kilogram (kg), Sementara, cabai rawit dan cabai merah besar berkisar Rp 7 ribu – Rp 9 ribu per kg.

“Pembeli masih sedikit. Tapi, pekan ini sudah ada sedikit kenaikan permintaan, hanya saja harga tetap rendah,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.