Portal Berita Online
Ads Beras Haji

NTB Akan Kembangkan Pertanian Modern

0 10

LOMBOK TENGAH, KABARPANGAN.ID – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan lumbung pangan nasional. Ke depan, Pemerintah Daerah (pemda) NTB akan mengembangkan sektor pertanian di wilayahnya berbasis teknologi.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat panen raya padi bersama Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Lombok Tengah Moh Suhaili Fadhil Thohir di Desa Aikmual, Praya Tengah, Minggu (23/8).

“Mulai 2019 lalu kami telah mencanangkan industrialisasi bidang pertanian dengan mengedepankan kelestarian lingkungan. Dan program prioritas pak Mentan Syahrul Yasin Limpo di NTB sangat menopang kebutuhan pangan mengingat NTB memiliki kawasan wisata yang menjadi Top Priority Destination,” ujarnya.

Ads Air Haji

Sementara Bupati Lombok Tengah Moh Suhaili Fadhil Thohir mengungkapkan, bahwa produksi pertanian di NTB setiap tahun mengalami peningkatan. Hal ini karena para petani di NTB tetap semangat turun ke sawah meski di masa pandemi Covid-19.

“Produksi pertanian Lombok Tengah dari tahun ke tahun meningkat, walaupun dalam masa Covid-19 ketahanan pangan tetap kuat,” katanya.

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan, berupaya terus memajukan, meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani, dengan membangun pertanian dengan model korporasi. Pola korporasi ini merupakan terobosan Mentan Syahrul, di mana pengembangan pertanian berbasis kawasan dan klaster bsrsinergi dengan para mitra membangun industri dan menyedian fasilitas permodalan dana KUR.

“Pada tahun ini dikembangkan 130 korporasi tanaman pangan di 130 kabupaten, termasuk sudah berjalan model korporasi perbenihan jagung dan padi di berbagai daerah. Kabupaten di NTB ini menjadi salah satu fokus kami. Provinsi NTB tahun 2020 ini mendapat alokasi KUR sebesar Rp 1 trliliun dan hingga saat ini sudah realisasi Rp 564,07 miliar,” pungkasnya. (mh/kp)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.