Portal Berita Online
Ads Beras Haji

NTB Didorong Jadi Penyanggah Pangan Nasional

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta jajarannnya bekerjasama dengan pemerintah daerah guna mewujudukan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi penyanggah pangan nasional.

Dengan begitu, produksi dan ketersediaan dalam negeri cukup sehingga kebutuhan dalam negeri bisa dipenuhi sendiri.
“Ayo jajaran Kementerian Pertanian bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk mewujudukan NTB menjadi penyangga pangan nasional,” kata Mentan saat panen bawang di Desa Risa, Kecamatan Woha, baru-baru ini.

Pesan mentan, komoditas andalan NTB seperti bawang, jagung dan padi produknya harus terus ditingkatkan.

Ads Air Haji

“Inshaallah, Bima dan NTB akan menjadi contoh kita. Kita harapkan NTB akan menjadi penyangga pangan nasional kita dari seluruh komoditi terutama padi, jagung dan bawang merah,” ucapnya.

Lebih lanjut, mentan meminta pemerintah daerah bersama para petani untuk menyusun langkah manajemen yang baik. Seperti sistem pengairan yang bagus dan memanfaatkan fasilitas berupa berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Diperlukan manajemen yang bagus untuk menghadapi naik turun harga bawang merah. Jagung dryer juga harus diperkuat dengan penyimpanan yang bagus, atau kalau perlu kalau kurang modal, bisa ambil KUR,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.