Portal Berita Online
Ads Beras Haji

NTP Naik, Belum Menguntungkan Petani

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Serikat Petani Indonesia angkat suara terkait Nilai Tukar Petani (NTP) bulan Juli 2020 pada posisi 100,09 mengalami kenaikan 0,49 persen dibandingkan bulan lalu, bahwa belum sepenuhnya menguntungkan petani.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), kenaikan NTP Juli 2020 dipengaruhi oleh naiknya NTP di beberapa subsektor, yakni tanaman perkebunan rakyat (1,76 persen), peternakan (1,68 persen), dan perikanan (0,69 persen).

Meski begitu, berdasarkan laporan dari para petani, Sektretaris Umum Serikat Petani Indonesia, Agus Ruli Ardiansyah mengungkapkan kondisi tersebut belum merefleksikan sepenuhnya pada petani.

Ads Air Haji

“Misalnya, di Sumatera Utara masih ada harga yang di bawah Rp 1.000 per kilogramnya. Ini dipengaruhi oleh faktor tidak meratanya infrastruktur, untuk mengangkut hasil panen,” katanya di Jakarta, Jumat (7/8).

Menurut Ruli, beberapa daerah yang sedang panen raya menyebabkan subsektor tanaman pangan, seperti gabah, beras, jagung, dan ketela mengalami penurunan harga.

Persoalan tersebut, kata Ruli, harus menjadi perhatian pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan). Dia juga mendorong program reforma agraria dan diversifikasi pangan untuk segera direalisasikan saat ini.

Selain itu, pemerintah harus menyerap hasil produksi petani dengan harga yang layak sehingga dapat mendongkrak NTP petani, khususnya di subsektor tanaman pangan dan hortikultura yang mengalami penurunan.(mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.