Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Ongkos Mahal, Petani di Sukabumi Tak Panen Cabai Hijau

0 4

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Petani cabai hijau di Kampung Pareang, Desa Gunung Keramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memasuki musim panen. Namun karena biaya operasional lebih mahal ketimbang hasil produksinya akhirnya dibiarkan begitu saja tidak dipanen.

Keputusan para petani di Sukabumi tidak melakukan panen karena tidak mau mengalami kerugian yang lebih besar. Apalagi di masa pandemi Covid-19, pangsa pasar cabai tengah sepi.

Salah seorang petani cabai Cisolok, Taufik Kurohman menyebutkan, bila petani menanam 5.000 pohon dengan mengeluarkan biaya operasional tanam sebesar Rp 10.000/pohon. “Maka biaya operasional yang harus dikeluarkan sebesar Rp 50 juta,” ujarnya, pekan ini.

Ads Air Haji

Sementara hasil tanam, lanjut Taufik, dari jumlah pohon sebanyak 5.000, setiap panen hanya 1/2 kilogram dengan harga Rp 8.000. “Setiap panen petani hanya mendapatkan hasil Rp 20 juta,” katanya.

Taufik juga meminta pemerintah untuk tidak membuka keran impor cabai. Dia meminta pemerintah memperhatikan petani cabai lokal.

“Para Petani meminta masyarakat jangan beli cabai impor, tapi belilah cabai lokal, karena petani hanya mengandalkan perekonomian keluarga dari usaha tani,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.