Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Optimis Ekspor Papua Barat Naik Tahun Ini

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID -Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) optimis kinerja ekspor pertanian asal Papua Barat dapat meningkat di tahun 2020. Meski saat ini eksportasi belum bisa dilakukan secara langsung namun hal itu bukan menjadi penghalang.

Saat ini, ekspor dari Papua masih melalui Sorong dan Manokwari telah dikirimkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan Tanjung Perak, Surabaya.

“Kita menjadi saksi atas berlimpahnya kekayaan sumber daya alam hayati. Kita jaga agar tetap dapat bermanfaat bagi bahan pangan dan juga mampu berdaya saing di pasar global,” kata mentan dalam keterangannya, baru-baru ini.

Ads Air Haji

Dalam kunjungannya ke Sorong pekan ini, Mentan SYL bersama Gubernur Papua Barat melepas pengiriman buah merah dan palm kernel dengan total 162 ton senilai Rp 496 juta, masing-masing ke Cekoslovakia dan Surabaya.

Kesempatan yang sama, Badan Karantina Pertanian Kementan juga memberikan data sertifikasi produk pertanian di masing-masing unit kerja di Sorong dan Manokwari.

Sejumlah ragam komoditas pertanian seperti Palm Kernel Expeller (PKE), minyak kelapa sawit, pala, bunga pala, sagu, buah merah, dan sarang semut berhasil dibukukan pada 2019. Dengan tujuan pengiriman ke Jakarta dan Surabaya sebanyak total volume 32.552,2 ton dengan nilai Rp 936,6 miliar. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.