Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pakai Combine Harvester, Panen Padi di Jambi Jadi Lebih Cepat

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Petani di Desa Benteng Utara, Kecamatan Benteng, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Jambi tengah panen raya padi. Kali ini menggunakan alat pertanian atau alsintan combine harvester. Alsintan tersebut dipinjamkan oleh Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi.

Penggunaan alsintan tersebut membuat proses panen menjadi jauh lebih cepat dan lebih bersih.
Penyuluh Pertanial Lapangan (PPL) Desa Benteng Utara, Marno mengatakan, dengan menggunakan mekanisasi para petani setempat menjadi terbantu.

Ads Air Haji

“Iya, dengan hasil panen yang cukup besar dan area panen seluas 10 hektar dari total lahan 50 hektar, rasanya kegiatan panen raya mustahil akan efektif di tengah pandemi jika tanpa menggunakan mekanisasi. Untuk itu petani di wilayah ini sangat terbantu dengan adanya alsintan combine harvester ini,” katanya dalam keterangannya, Rabu (29/7).

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi yang mengatakan, bahwa saat ini Kementan bertransformasi dari pertanian tradisional menjadi pertanian modern dan era industri 4.0.

“Pengoperasian alsintan dalam panen raya padi merupakan hal yang mutlak,” pungkasnya (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.