Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pandeglang Tingkatkan Ekspor Talas Beneng

0 13

PANDEGLANG, KABARPANGAN.ID – Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Provinsi banten, menyusun startegi pengembangan agribisnis talas beneng untuk kebutuhan peningkatan ekspor. Saat ini, petani setempat tengah melakukan penataan usaha pertanian talas beneng dari hulu sampai hilir sehingga dapat meningkatkan ekspor tiga kali lipat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, H Budi S. Januardi mengatakan, peningkatan ekspor talas beneng untuk mendukung ketercapaian visi dan misi pembangunan Kabupaten Pandeglang dan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang serta program Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks).

Lanjut dia, selain itu juga merupakan rangkaian dari implementasi kepemimpinan proyek perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) TK II yang tengah diikutinya.

Ads Air Haji

“Talas Beneng merupakan ikon Kabupaten Pandeglang yang telah disertifikasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai komoditas unggul lokal Kabupaten Pandeglang dan telah ditetapkan menjadi komoditas ekspor dari Kabupaten Pandeglang untuk lima tahun ke depan,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (4/9).

Terpisah, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi menegaskan, sesuai kebijakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang fokus meningkatkan produksi dan sekaligus ekspor, Kementan berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada pemerintah daerah dan petani. P

“Sesuai arahan menteri pertanian dalam membangun pertanian berbasis korporasi atau industri. Program ProPaktani bersinergi dengan pembiayaan, investasi dan ekspor. Kawasan dan klaster memanfaatkan lokasi yang telah ada, ditata dan dioptimalkan, sumber pendanaan dari swadaya, KUR dan pembiayaan lainnya,” pungkasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.