Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Panen Raya di Babel, Mentan Ajak Petani Bersinergi Majukan Pertanian 

0 10

BABEL, KABARPANGAN.ID – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer melakukan panen raya padi dan penyerahan kartu tani, fasilitas dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan berbagai bantuan prasarana dan sarana produksi di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (7/8).

“Panen raya padi hari ini membuktikan dalam tantangan apapun, pertanian selalu berproduksi. Dan, Kabupaten Bangka Selatan ini pertaniannya sangat luar biasa, kita harus bersinergi agar pertanian lebih maju lagi,” kata Mentan SYL saat panen raya padi.

SYL menegaskan pertanian merupakan satu-satunya sektor yang menyelamatkan perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sektor pertanian berkontribusi sebesar 15,46 persen terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto Indonesia (PDB) Indonesia pada triwulan II/2020. Angka tersebut meningkat dari periode yang sama di tahun lalu yang sebesar 13,57 persen.

“Capaian tersebut ditopang subsektor tanaman pangan yang tumbuh paling tinggi yakni sebesar 9,23 persen. Kalau begitu, untuk bisa survive dan menghidupkan manusia di dunia adalah kita harus memajukan pertanian,” terangnya.

Ads Air Haji

SYL menambahkan Kementan berkomitmen penuh dalam memajukan sektor pertanian, program yang digulirkan tidak hanya menyalurkan bantuan prasarana dan sarana produksi namun juga memfasilitasi permodalan melalui KUR bekerja sama dengan perbankan. Pihak Kementan sendiri meminta perbankan menggulirkan KUR Rp 100 miliar hingga Rp 200 miliar.

Selain itu, Ke depan Kementan tidak hanya mengembangkan budidaya padi dan peningkatkan produksi namun juga merancang sistem dengan membangun penggilingan modern skala besar sehingga petani tidak lagi menjual gabah namun beras sehingga petani mendapatkan nilai tambah dan ekspor beras semakin cepat dikongkretkan.

“Kami rancang sistem bahwa setiap 10 ribu hektar tidak hanya padi tapi ada juga tanaman hortikulturanya dan dibangun penggilingan padi modern,” ujarnya.

Kesempatan yang sama, Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, pertanian di Babel merupakan sentra produksinya Provinsi Babel. Menurutnya, program dan bantuan Kementan seperti mekanisasi, bibit unggul dan teknologi lainnya serta fasilitas dana KUR telah membantu percepatan kemajuan, modernisasi dan kemandirian pertanian di Bangka Selatan.

“Tadi dengan pak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sempat berdiskusi, bahwa tantangan ketersediaan pupuk akan diatasi. Pemerintah segera menambah pasokan pupuk, sehingga kebutuhan petani terjawab. Kami sangat apresiasi program fasilitasi KUR sangat membantu petani, untuk itu pihak bank jangan ragu mengucurkan KUR kepada petani,” pungkas Erzaldi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.