Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pasar Tani: Transaksi Langsung Petani ke Konsumen

0 31

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Dalam situasi di tengah kondisi pandemi Covid-19 Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya mengamankan pasokan pangan. Salah satunya, terus konsisten menggelar pasar tani.

Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, yakni menjaga keberlangsungkan konsumsi pagan masyarakat khususnya produk berbagai hortikultura.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura Bambang Sugiharto mengkonsolidasikan pasar tani se-Indonesia agar dapat digerakkan sebagai jaring pengaman sosial (social safety net).

Pasar tani merupakan salah satu jalur pemasaran produk pertanian yang lebih ringkas. Pasar tani menghubungkan petani langsung ke konsumen tingkat akhir.

Ads Air Haji

“Dengan demikian, produk pertanian yang dipasarkan jauh lebih segar dan berkualitas karena dibawa langsung oleh petani. Selain itu dengan harga yang terbaik seperti sauran dan buah-buahan serta produk olahan,” katanya dalam keterangannya, Sabtu (22/8).

Selain sebagai ajang pemasaran, pasar tani juga diharapkan mampu mengatasi fluktuasi harga yang sering terjadi di tingkat petani. Keberadaannya membuka akses pasar lebih luas dengan membawa langsung produk dari petani ke konsumen.

“Dengan demikian, petani bisa memperoleh keuntungan yang lebih baik dan harga di konsumen juga lebih kompetitif,” ucapnya.

Bersamaan dengan fasilitasi bantuan sarana pemasaran bagi pasar tani, lanjut Bambang, pemerintah mengalokasi pula dana pembelian produk hotikultura bagi petani yang terdampak Covid-19 baik secara langsung maupun tidak langsung karena produknya perlu dibantu penyerapannya.

“Produk yang dibeli dari petani dialokasikan ke 50 kabupaten/kota melalui even pasar tani berupa donasi produk untuk masyarakat. Pelaksanaan distribusinya secara serentak ke masyarakat dilakukan dengan tetap mengutamakan social distancing, wajib menggunakan masker, dan hand sanitizer selama pelaksanaan distribusi,” paparnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.