Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pasokan Pangan Wajib Lancar Saat PSBB Kedua di DKI Jakarta

0 3

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – PSBB kedua yang diberlakukan di DKI Jakarta sejak September 2020 kemarin jangan sampai menghambat pasokan pangan. Dengan demikian, alur perdagangan dan rantai pasok tetap lancar di tengah pandemi Covid-19.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Galuh Octania mengatakan, pandemi kali ini sudah menunjukkan kerentanan pada ketahanan pangan Indonesia.

“Mengacu pada peringatan FAO, negara-negara perlu menjaga jalur perdagangan dan rantai pasok tetap terbuka. Karena itu, dengan memastikan kelancaran rantai pasok pangan harus tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Galuh dalam keterangannya, Sabtu (19/9).

Ads Air Haji

Galuh menambahkan, sebelum pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, harga beberapa komoditas pangan sudah mengalami kenaikan. Di antaranya beras, bawang putih, bawang bombay dan gula.

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlambatnya rekomendasi impor dari pemerintah hingga pengurusan izin impor yang membutuhkan waktu lama. Kenaikan harga dikhawatirkan akan berlanjut apabila ada gangguan dalam kelancaran rantai pasok pangan di dalam negeri.

“Sinergi antar pemerintah daerah sangat penting untuk membantu kelancaran distribusi. Lebih baik lagi, jika kerjasama ini merangkul pihak swasta. Banyak di antara mereka yang memiliki jaringan yang lebih efisien,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.