Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pelaksanaan Kurban di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Penjelasan Kementan

0 34

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya. Pasalnya di tengah pandemi Covid-19, maka penyembelihan hewan wajib mengikuti protokol kesehatan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarmita mengatakan, pelaksanaan kegiatan kurban di tengah Covid-19 dituangkan dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nomor 008/SE/PK.320/F/06/2020 tanggal 8 Juni 2020.

Panduan ini berisi penyesuaian pelaksanaan saat pandemi Covid-19 dalam kegiatan penjualan hewan kurban dan pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan-Ruminansia (RPH-R) maupun di luar RPH-R dengan memperhatikan faktor jaga jarak fisik atau physical distancing, penerapan higiene personal, pemeriksaan kesehatan awal (screening) dan penerapan hygiene sanitasi.

“Yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kurban, harus tetap memperhatikan tiga hal pokok, yaitu kesehatan dari hewan yang akan dikurbankan, proses penyembelihan hewan kurban, dan distribusi daging hewan kurban kepada mustahiq,” ujarnya saat acara Talk Show ”Tani on Stage (TOS) yang digelar Biro Humas dan Informasi Publik melalui platform Talk Show, Tani on Stage (TOS), di Gedung C Kementan, Selasa (21/7).

Ads Air Haji

Kesempatan yang sama, Kepala Tim Peneliti Penyembelihan Halal HSC IPB Supratikno menyampaikan, ada empat kriteria hewan kurban yang baik, yaitu sehat, tidak cacat, tidak kurus, dan cukup umur.

“Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, hewan yang sehat itu sangat penting, yang utama. Sebab banyak sekali penyakit hewan yang menular ke manusia,” katanya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kuntoro Boga Andri menambahkan, bahwa TOS adalah kegiatan untuk menyosialisasikan program-program Kementan.

“Iya, termasuk sebentar lagi umat Muslim akan merayakan Idul Adha, di mana kami perlu menyosialisaikan bagaimana pelaksanaan kurban yang sesuai dengan protokol kesehatan dan ketentuan pemotongan hewan kurban,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.