Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pelestarian Terumbu Karang Harus Bernilai Ekonomi

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kekayaan alam, salah satu kekuatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Misalnya, pelestarian terumbu karang harus bisa membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat pesisir.

“Intinya adalah bukan hanya pelestarian saja, tetapi juga kita harus berlaku adil dalam memanfaatkan dan adil terhadap ekosistem kita,” kata Menteri Perencaanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, dalam keterangannya, pekan ini.

Ads Air Haji

Senada, Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP) Edhy Prabowo turun mendukung program Pelestarian Terumbu Karang untuk Kesejahteraan Masyarakat yang diinisiasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
Kata dia, mengacu pada kajian United Nations Environment Program dua tahun lalu, nilai ekonomi terumbu karang Indonesia mencapai USD37 miliar pada 2030 bila dikelola dengan baik.

“Nilai itu tidak semata-mata dari perikanan, tapi juga dari sektor pariwisata dan sektor lainnya yang berkaitan dengan perekonomian pesisir,” ujarnya.

Salah satu program prioritas KKP adalah menargetkan 10 persen dari luas perairan Indonesia atau setara 32,2 juta hektare menjadi kawasan konservasi perairan yang termanfaatkan secara berkelanjutan pada 2030. Saat ini, luasan yang dicapai 23,34 juta hektare atau 7,18 persen. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.