Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Peluang Singkong Jadi Produk Olahan Internasional

0 31

BANYUASIN, KABARPANGAN.ID – Ubi kayu atau yang dikenal singkong, merupakan bahan pangan lokal yang mempunyai peluang untuk dikembangkan sebagai bahan olahan makanan bertaraf internasional.

Terkait hal ini, Camat Sembawa Nurlaila mendukung kegiatan Kegiatan Pelatihan dan Penyuluhan Pemberdayaan Perempuan untuk Mendukung Ketahanan Pangan Keluarga dan Keluarga Kecil Menengah, pada Sabtu (12/09).

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar dan KWT Anggrek di Desa Purwosari, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Kepala Desa Purwosari, Ketua PKK, Sekretaris Desa, Pendamping Desa dan Penyuluh Pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Banyuasin turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Purwosari.

Nurlaila menyampaikan, dengan memanfaatkan bahan pangan lokal, masyarakat bisa mandiri pangan. Selain itu, cara ini juga bisa meningkatkan pendapatan petani lokal.

Adapun produk olahan yang dipelajari adalah produk olahan setengah jadi dan produk olahan makanan langsung.

Ads Air Haji

Produk olahan setengah jadi yang dibuat adalah Aneka tepung, antara lain tepung pisang, tepung ganyong, tepung mokaf, tepung talas dan tepung ubi jalar.

Sedangkan produk olahan jadi yang dibuat adalah Pie Brownies, Pie Buah dari Tepung Mokaf, Biskuit dari Tepung Pisang, Roti Goreng Aneka Rasa dan Selai Nanas.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi, mengatakan akibat pandemi Covid-19, Indonesia dituntut untuk berdiri dengan hasil produksi sendiri.

“Kita harus memperkuat ketahanan pangan nasional dan cara yang bisa ditempuh adalah memperkuat diversifikasi pangan lokal,” ujarnya.

Kegiatan ini sesuai dengan kebijakan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) tentang diversifikasi pangan.

“Kementerian Pertanian mengupayakan diversifikasi pangan sebagai salah satu program peningkatan ketersediaan pangan di era normal baru. Jangan ada lahan kosong dan menganggur, manfaatkan untuk tanam komoditas pangan,” ujar Mentan SYL. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.