Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pendampingan Demplot Tanam Cabai Merah Dorong Produktivitas Berkualitas

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bersama Taiwan Technical Mission (TTM) melakukan pendampingan demplot penanaman aneka sayuran, terutama cabai merah di beberapa tempat di Provinsi Jawa Barat. Melalui langkah ini diharapkan hasil produktivitas pertanian terjaga kualitasnya.

Terdapat 10 titik lokasi pendampingan demplot, yaitu di Kecamatan Rancaekek, Arjasari, dan Cilengkrang Kabupaten Bandung, Kecamatan Lembang (dua desa) dan Cililin Kabupaten Bandung Barat, Kecamatan Pacet, Cipanas, Sukanegara Kabupaten Cianjur, dan Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang.

Penyuluh Pertanian Lapangan Pendamping wilayah Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung Agus Sofyan mengungkapkan, Kelompok Tani Sukasari saat ini tengah menanam cabai merah di atas lahan demplot seluas 1.000 meter persegi

“Saat ini tanaman cabai merah sudah berusia 70 hari dan dilakukan pendampingan berkala oleh penyuluh pertanian dan Widyaiswara BBPP Lembang sejak mulai awal penanaman,” kata Agus dalam keterangannya, Kamis (13/8).

Salah satu anggota kelompok tani di lahan demplot, Haris berharap adanya pendampingan demplot membuat kualitas cabai merah menjadi lebih bagus.

Ads Air Haji

“Sudah pasti, harapan kita selain kualitas cabai merah menjadi lebih baik, juga harga menguntungkan petani, sehingga kesejahteraan kami meningkat,” ujar pria paruh baya ini.

Senada, Hilman berharap dengan pendampingan demplot ini akan diperoleh hasil yang optimal, karena telah mendapatkan pembekalan cara budidaya cabai merah yang baik.

“Selain itu, Taiwan Technical Mission juga memiliki program bantuan sosial kepada petani melalui program pinjaman saprodi untuk menghasilkan produk unggulan yang berkualitas,” kata petani milenial ini.

Sementara Counterpart sekaligus Widyaiswara BBPP Lembang, Yeyep Dintan menyampaikan, bahwa nantinya hasil aneka sayurannya sebesar 90 persen akan disumbangkan ke beberapa tempat seperti pesantren dan panti asuhan.

“Ini sebagai bentuk kepedulian terhadap yayasan/pondok pesantren yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini. Salah satu penerima manfaat yaitu Pondok Pesantren Al-Huda di Kecamatan Arjasari ini,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.