Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Penggunaan Teknologi Kunci Keberhasilan Food Estate

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Thohir menyampaikan agar food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil harus mengoptimalkan penggunaan teknologi secara penuh. Food estate sendiri akan dimulai pada musim tanam pada Oktober 2020 mendatang.

Selain untuk meningkatkan kualitas hasil panen, kata dia, penggunaan teknologi juga akan berdampak pada kesejahteraan petani.

“Food estate sebelumnya selalu gagal karena pakai teknologi konvensional. Jadi masalah utamanya di teknologi,” katanya dalam video daring, Kamis (6/8).

Yang perlu diperhatikan, lanjut dia, penggunaan benih unggul hingga pupuk yang tepat dan sesuai dengan kultur lahan rawa di food estate Kalteng. Dengan begitu, kata dia, hasil produksi akan meningkat dan berkualitas.

Ads Air Haji

Sementara Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Kementerian Pertanian (Kementan), Husnain mengatakan, ada tiga fokus utama dalam persiapan lahan food estate.

“Yakni penataan kawasan dan pengembangan sarana prasarana, peningkatan kapasitas dan diversifikasi produksi dengan teknologi, serta pengembangan sumber daya manusia sekaligus korporasi petani,” katanya.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan lumbung pangan berbasis korporasi petani atau food estate di Kalteng dapat digunakan pada Oktober 2020.

Adapun tahap pertama, operasional food estate dimulai di lahan seluas 30 ribu hektar dan difokuskan pada komoditas padi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.