Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pentingnya Peran Akademisi Tingkatkan Produksi Sapi

0 8

BALI, KABARPANGAN.ID – Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) mengatakan peran akademisi sangat penting dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di Tanah Air.
Hal itu disampaikan saat melakukan kesepakatan kerja sama dengan Universitas Udayana (Unud), Bali.

Kerja sama ini juga menyangkut pengembangan sumberdaya manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta percepatan pelaksanaan program pembangunan bidang peternakan dan kesehatan hewan.

“Selain itu, kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas Sapi Bali dengan perbaikan mutu genetik dan bibit yang dimiliki,” katanya di hadapan Wakil Rektor Unud dan jajarannya, direktur dan pejabat lingkup Ditjen PKH, serta perwakilan dinas yang membidangi fungsi peternakan dan kesehatan hewan Provinsi Bali, pada Senin (27/7).

Ads Air Haji

Dia menjelaskan, dalam jangka panjang, perbaikan mutu bibit dan genetik ternak diperlukan untuk mendukung pemenuhan kecukupan protein hewani yang berasal dari produk hewan dalam negeri sesuai amanat Permentan Nomor 17 Tahun 2020 tentang Peningkatan Produksi Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan).

Lebih lanjut, Ia memaparkan bahwa peningkatan produksi sapi dan kerbau ini dilaksanakan secara terintegrasi dan berkelanjutan dari hulu sampai hilir, termasuk didalamnya peningkatan kelahiran melalui kawin alam atau inseminasi buatan, peningkatan produktivitas melalui tunda potong dan pemenuhan kecukupan pakan, pengendalian penyakit hewan dan reproduksi, penjaminan keamanan dan mutu pangan, serta distribusi serta pemasaran.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan dalam rangka pemenuhan kecukupan protein hewani dan memenuhi kebutuhan produk hewan dalam negeri, memang diperlukan produksi sapi dan kerbau sebagai komoditas andalan dalam negeri. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.