Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Penyuluh Air Hangat Timur Kawal Distribusi Pupuk NPK untuk 36 Kelompok Tani

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN – Keberadaan penyuluh di masa new normal sangat dibutuhkan pada sektor pertanian. Terutama dalam pendampingan pendistribusian pupuk NPK 15:15:15 untuk para petani.

Pupuk yang diproduksi oleh PT Pupuk Sriwijaya itu didistribusikan di lokasi tanah rawa untuk 36 kelompok tani di Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, dengan total luas lahan 360 hektar (ha).

Hal ini sejalan apa yang pernah disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bagaiman penyuluh pertanian bisa mengoptimalkan perannya melalui Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) di masing – masing Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), terutama pendampingan dan pengawalan di masa new normal.

Ads Air Haji

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, penyuluh harus lebih pintar di berbagai aspek dibandingkan petani, berdedikasi tinggi dan harus mencintai negara kesatuan Republik Indonesia.

“Penyuluh itu merupakan otak dan kopasusnya pertanian, untuk itu penyuluh harus lebih hebat dari petani, berdedikasi dan mencintai NKRI, caranya ya dengan memperkuat balai penyuluhan, meningkatkan sarana prasarana, ilmu pengetahuan dan teknologi penyuluh”, ujarnya dalam keterangannya, Senin (27/7).

Kesempatan yang sama, salah satu satu Koordinator penyuluh pertanian Air Hangat Timur mengatakan, ke depan distribusi pupuk bisa dilakukan di luar wilayah Kerinci.

“Semoga pertanian tanaman pangan khususnya padi produksinya meningkat dan mampu mensuplai hasilnya keluar daerah Kerinci. Walau dalam suasana Covid-19 namun kelompok tani tetap semangat demi mewujudkan stok pangan dan kesejahteraan keluarga petani,” ujar Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) senior ini. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.