Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Penyuluh Banyuasin Kawal Petani Panen Perdana IP300

0 5

BANYUASIN, KABARPANGAN.ID – Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan untuk pertama kalinya melakukan panen padi rawa di lahan pasang surut hingga tiga kali dalam satu tahun. Hasil panen Indeks pertanaman 300 (IP300) diperoleh dari luas panen 215 hektar di di Desa Sri Mulyo di Kecamatan Air Salek.

Petani Sri Mulyo menyambut gembira hasil panen IP300 setelah panen perdana pada Januari 2020, rata-rata produksi enam ton per hektar. Panen kedua (IP200) pada Mei sebanyak 3,5 ton per hektar. Panen ketiga (IP300) Agustus – September dengan hasil tertinggi 2,8 ton per hektar.

“Panen IP300 dari padi rawa merupakan sesuatu yang luar biasa, karena baru pertama kali padahal petani baru belajar,” ujar penyuluh di Desa Sri Mulyo, Raharjo, Rabu (16/9).

Ads Air Haji

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Karya Bakti Made Gatre mengaku tidak menyangka kalau daerah rawa atau pasang surut seperti di Banyuasin bisa panen hingga tiga kali dalam setahun. Varietas padi yang ditanam adalah Inpari 33, Ciherang, Kuda dan Kumis.

Kegembiraan serupa dilontarkan oleh Ketua Poktan Mekar Jaya panen Slamet. “Sungguh luar biasa Air Salek bisa panen IP 300,” ucapnya kagum.

Ketua Unit Pengelola Kegiatan Kelompok (UPKK) Desa Sri Mulyo Made Mawan mengatakan, petani harus bangga karena memiliki petani milenial hebat dan ulet.

“Pendampingan dan pengawalan program pemerintah seperti program Serasi untuk pemanfaatan lahan rawa, dengan tata kelola air, produksi dapat dilipatgandakan sehingga bisa mewujudkan target IP300,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.