Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Penyuluh Pertanian Identifikasi Lahan Pertanian Terdampak Bencana

0 25

Jakarta, Kabarpangan.id – Kementerian Pertanian (Kementan) meminta Kostratani dan penyuluh di daerah untuk mengidentifikasi lahan pertanian yang terkena musibah.

Langkah itu akan menjadi awal untuk membangunkan pertanian setelah bencana alam. Hal tersebut disampaikan dalam Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras) Volume 02, dengan tema Peran Penyuluh Pertanian di Situasi Bencana Alam, Selasa (19/1).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan bencana telah juga mengganggu sektor pertanian.

“Kita sama-sama berduka untuk bencana ini. Karena semua sektor terganggu, termasuk 20pertanian. Namun, pertanian harus segera bangkit, karena kita harus terus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” tuturnya.

Ads Air Haji

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi, meminta penyuluh di daerah terdampak bencana untuk tetap menjaga semangat.

“Penyuluh di BPP terdampak bencana, harus terus semangat. Semua harus tetap semangat meski kita sedang dilanda wabah pandemi covid-19, dan juga dilanda bencana,” katanya.

Menurut Dedi, penyuluh yang ada di Kalsel, Sulbar, Sumedang, dan lainnya, juga menderita akibat bencana tersebut. Namun, sebagai penyuluh tugas harus tetap berjalan.

Ditambahkannya, penyuluh dituntut untuk mendampingi petani, turut memulihkan kondisi psikologis petani dan terus mendampingi petani.

“Ada beberapa langkah yang bisa diambil dalam bencana. Segera identifikasi berbagai keperluan yang harus dipenuhi secepat-cepatnya, seperti makanan dan kesehatan. Selain itu, identifikasi juga berapa hektare lahan yang tertimbun, terendam, dan terdampak bencana. Bukan hanya lahan, identifikasi juga binatang ternak yang terkena bencana,” ujanya. (mh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.