Portal Berita Online

Penyuluh Pertanian Kota Cilegon Validasi Data E-RDKK

0 18

CILEGON, KABARPANGAN.ID – Untuk memastikan petani mendapatkan pupuk subsidi pemerintah, penyuluh pertanian Kota Cilegon, Banten, melakukan validasi data Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK). Validasi data penting sebagai syarat untuk mendapatkan pupuk subsidi.

Dedi Septriyansa Penyuluh Pertanian Kecamatan Purwakarta sekaligus Koordinator penyuluh Kota Cilegon mengatakan jumlah petani yang sudah menerima kartu tani di Kota Cilegon mencapai 1,932.

“Mereka sudah terdata dalam E-RDKK. Dengan sistem ini penyaluran pupuk bersubsidi di Kota Cilegon dipastikan tepat sasaran, karena petani penerima dan jumlah pupuk yang diperlukan sudah terdata,” katanya, Sabtu (12/9).

Menurut dia, dengan memiliki kartu tani, 1,932 petani mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi.

“Kalau tidak ada kartu tani, tidak boleh membeli pupuk bersubsidi. Namun jika petani ingin memaksakan membeli pupuk dan tidak memiliki kartu tani, boleh saja, tetapi bukan pupuk bersubsidi,” ucapnya.

Lanjut Dedi mengatakan, petani yang masuk dalam sistem E-RDKK tahun 2020 tersebar di delapan kecamatan di Kota Cilegon. Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Cibeber, Kecamatan Citangkil, Kecamatan Ciwandan, Kecamatan Cilegon, Kecamatan Jombang, Kecamatan Gerogol, Kecamatan Pulomerak.

“Alokasi pupuk yang diusulkan Urea 390.102 kg, ZA 600 kg, SP 36 : 280.287 kg, NPK 327.635 kg dan organik 44.150 kg,” ungkapnya.

Sementara dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan bahwa pemberian pupuk subsidi melalui kartu tani.

“Petani tidak perlu khawatir, karena distribusi pupuk subsidi tetap mengacu pada E-RDKK by name by address yang dilakukan Kementan. Pola ini valid hingga 94 persen,” ujar Mentan SYL. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.