Portal Berita Online

Peran Pemda Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Untuk mewujudkan kedaulatan pangan bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat saja, melainkan pemerintah daerah, dan seluruh elemen insani pertanian.

Hal ini sejalan dengan program yang dicetuskan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yakni Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani).

Kostratani sendiri bertujuan untuk mengoptimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan sehingga bisa mewaujudkan kedaulatan pangan nasional.

Kostratani menjadi garda terdepan program pembangunan pertanian dengan pendekatan teknologi informasi (IT) dan mekanisasi pertanian guna mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.
Kostratani ini meliputi pusat data dan informasi, pusat pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan, dengan dukungan pihak terkait, maka diharapkan bisa terealisasi kedaulatan pangan sebagaimana harapan bangsa Indonesia.

“Dalam hal ini, BPP harus mampu menyediakan data dan informasi pertanian, melaksanakan program utama Kementerian pertanian, yang tersambung dengan sistem Agriculture War Room (AWR), yang merupakan media koneksitas virtual,” katanya di BPP Pacet Cianjur, Jawa Barat, Juat (24/7).

Nah, dalam rangka meningkatkan penguatan peran Kostratani, Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) BPPSDMP melaksanakan Sosialisasi Kostratani di BPP Pacet Cianjur, yang merupakan BB Percontohan Program YESS. Kegiatan ini dihadiri kepala pusat pendidikan pertanian, kepala dinas pertanian, Kabupaten Cianjur, project manager YESS NPMU dan PPIU, camat Pacet kapolsek dan danramil Pacet serta tujuh kepala desa. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.