Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Perkuat Early Warning System, Produksi Bawang Putih Bakal Aman

0 11

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Dengan mengoptimalkan Early Warning System (EWS) alias sebuah sistem ‘alarm’ untuk menjaga stabilitas dan pasokan komoditas hortikultura di masyarakat, maka produksi bawang putih akan terjaga alias aman.

Nantinya, gangguan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan keadaan iklim yang tidak kondusif bisa dihindari karena adanya EWS.

Bawang putih sendiri adalah komoditas hortikultura strategis yang dibutuhkan masyarakat dalam kebutuhan sehari-hari.

Di lapangan, kerap ditemukan volume produksi bawang putih terganggu antara lain disebabkan oleh perubahan ekosistem pertanian, perubahan iklim seperti kekeringan dan banjir, hingga status OPT.

Ads Air Haji

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menjelaskan, bahwa Data EWS Perlindungan Hortikultura telah dilakukan pada wilayah sentra utama pengembangan hortikultura.

“Untuk komoditas bawang putih, wilayah EWS dipantau sebanyak 30 Kabupaten/Kota sebagai daerah sentra utama penyangga produksi nasional, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa,” katanya di Jakarta, baru-baru ini.

Dengan demikian, produksi bawang putih secara nasional bisa aman. “Dengan terpantau dan terkawalnya lokasi ini (30 kabupaten/kota), maka sekitar 75 persen sampai 80 persen luas tanam dan produksi bawang putih nasional bisa aman. Data ini kami kawal dengan ketat dan dilaporkan oleh Direktorat Perlindungan Hortikultura secara periodik per dua Minggu,” tuturnya.

Munculnya data tersebut,  hasil koordinasi antara Kementan dengan Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah daerah (pemda) dan instansi terkait lainnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.