Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Perkuat Ekonomi, Mentan Ajak Semua Pihak Terlibat di Sektor Pertanian

0 5

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Keberhasilan pembangunan sektor pertanian tidak hanya mengandalkan Kementerian Pertanian (Kementan) saja, namun melainkan didorong semua lapisan masyarakat. karenanya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak semua pihak untuk terlibat langsung pada proses pembangunan sektor pertanian.

“Kita membutuhkan pikiran-pikiran semua pihak, agar menjadi penyelamat (krisis ekonomi). Ya, setidaknya bisa meminimalisir dampak Covid-19 untuk food security,” ujar Mentan dalam keterangannya, Jumat (14/8).

Lanjut Mentan, sektor pertanian mampu membuka lapangan pekerjaan besar, sebab akses pasar yang terbyka lebar. Ditambah lagi, Indonesia sebagai negara agraris berbagai macam jenis tanaman, sinar matahari yang berlimpah, dan air yang cukup.

Ads Air Haji

“Sektor pertanian bisa untuk bertahan hidup. Minimal bisa memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari dengan memanfaatkan lahan di sekitaran rumah,” ucapnya.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Jamhari menambahkan, sektor pertanian berperan penting dalam kontribusi perekonomian nasional. Dia berharap, Kementan mampu menggenjot produksi pertanian sehingga Indonesia memiliki ketahanan pangan.

Sementara anggota Komisi VI Aria Bima mengapresiasi langkah Kementerian pertanian dalam menjaga ketesediaan pangan nasional. Artinya, stabilisasi harga dan kecukupan pangan sebagai bukti Mentan SYL berhasil membangun sektor pertanian menjadi lebih baik. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.