Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Perkuat Promosi, Solusi Genjot Ekspor Sawit

0 13

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Permintaan pasar sawit dunia mengalami kontraksi cukup dalam karena adanya tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini berpengaruh terhadap ekspor sawit Indonesia.

Salah satu solusi, Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun menyarankan kepada pemerintah untuk gencar melakukan promosi terhadap produk sawit nasional.

“Promosi (sawit) Indonesia kurang. Jadi, promosi dan ikkan merupakan langkah-langkah yang harus kita perkuat saat ini,” katanya dalam video daring, pekan ini.

“Pasar minyak sawit dan turunannya dapat didongkrak dengan meningkatkan promosi iklan perbaikan mutu dan penggunaan Bahan Bakar Nabati (BBN) yang lebih luas,” tambah dia.

Ads Air Haji

Kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan mengatakan, ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan produk turunannya Indonesia ke dunia melemah sejak awal Januari 2020. Penurunan cukup dalam dibandingkan pada Desember 2019.

Pada periode Januari-Mei 2020, ekspor CPO dan turunannya mencapai USD7,6 miliar memberikan kontribusi terhadap ekspor nonmigas sebesar 12,5 persen. Secara nilai, ekspornya meningkat dari tahun sebelumnya.

Mencermati kondisi ini, pihaknya akan terus melakukan promosi dan iklan untuk mendorong ekspor sawit. Selain itu, pihaknya akan terus akan membuka pasar baru guna meningkatkan ekspor sawit.

“Kebijakan pemerintah akan terus dilakukan dalam rangka mengarah pada industri hilir,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.