Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Perlu Infrastruktur Pangan Untuk Ketahanan Pangan

0 14

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Ketahanan pangan akan tercapai apabila pembangunan infrastruktur merata di seluruh Indonesia. Dengan meratanya infrastruktur memudahkan distribusi pangan di Tanah Air.

Head of Research Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippe Ann Amanta mengatakan, pembangunan infrastruktur pemerintahan Presiden Joko Widodo belum merata.

“Berdasarkan data Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, 62,3 persen dari 245 proyek infrastruktur yang direncanakan berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (20/8).

Lanjut dia, pemerintah harus segera lakukan pemerataan pembangunan infrastruktur untuk menghubungan pulau-pulau Indonesia. Selain itu, kata dia, infrastruktur logistik pangan seperti fasilitas pendingin dan fasilitas pengolahan juga perlu diperhatikan.

Karena, menurut dia, dengan fasilits logistik pangan yang memadai dapat memangkas biaya distribusi dan mencegah makanan terbuang sia-sia.

Ads Air Haji

“Memang bukan hal mudah, pembangunan infrastruktur memakan biaya yang cukup besar. Tapi ada banyak opsi, bisa menjalin kerjasama dengan pihak swasta,” ucapnya.

Dia mencontohkan, ketahanan pangan Indonesia didukung oleh pasokan internasional yang memenuhi 55 persen kebutuhan gula nasional, 95 persen bawang putih, dan banyak komoditas penting lainnya.

“Masih ingat kan, harga gula dan bawang putih melonjak akibat terlambat dikeluarkanya rekomendasi impor dan macetnya perizinan impor. Ini akibat lockdown yang diberlakukan di India, tidak bisa mengimpor gula,” tukasnya.

Dia berharap, pemerintah segera mewujudkan infrastruktur distribusi pangan mengingat pandemi Covid-19 masih berkepanjangan sementara pasokan pangan harus tersedia dengan cukup. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.