Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Perlu Visi Pembangunan Pertanian untuk 100 Tahun

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sektor pertanian Indonesia masih menghadapi banyak masalah. Oleh sebab itu, Indonesia harus memiliki visi pembangunan pertanian untuk 100 tahun mendatang.

Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Surso mengatakan, persoalan fundamental dalah tingkat kesejahteraan petani sebagai produsen yang masih rendah.

Kondisi ini, menurut dia menjadi persoalan yang serius. Maka, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) harus mencarikan solusi yang tepat untuk mengangkat ekonomi petani.

Ads Air Haji

“Soalnya kota masih sibuk ribut apakah perlu atau tidak impor pangan. Sementara distribusi pangan antara daeah di Indonesia tak juga terbebani dengan baik. Jadi, harus dicarikan solusi,” katanya belum lama ini.

Saran ‎PISPI, perlunya adanya pembangunan pertanian yang jangka panjang (visioner) dan terpadu (integratif). Visioner yang dimaksud adalah adalah pembangunan pertanian Indonesia dalam jangka panjang, yaitu untuk 50-100 tahun ke depan.

Sedangkan integratif yaitu pembangunan pertanian Indonesia yang tidak bisa serta merta diserahkan hanya kepada Kementan semata, tapi juga harus dikerjakan bersama-sama oleh lintas sektoral.

“Karena permasalahan pertanian akan selalu berkembang di sepanjang zaman, dibutuhkan pemecahan masalah yang mempunyai gagasan jauh ke depan dan konsistensi kebijakan dari pemerintah,” pungkasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.