Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Perternak Minta Aturan Perunggasan Jangan Abu-abu

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Paguyuban Peternak Rakyat Nusantaran (PPRN) angkat suara terkait Kementerian Pertanian (Kementan) akan menerbitkan regulasi permanen soal perunggasan yang kerap bermasalah karena rendahnya harga. PPRN menyatakan setuju, namun jangan sampai aturan tersebut menjadi semakin bermasalah karena dibuat tidak jelas.

“Setuju dengan rencana regulasi permanen. Yang terpenting, dibuat, pasalnya jelas dan tidak abu-abu, karena kalau ada yang nilai jelek, kan bisa kacau,” kataya, pekan ini.

Saran dia, jika ingin melindungi peternak rakyat harus dibuat peratuan yang lebih kuat, yakni peraturan presiden. Aturan ini akan memperkuat tata kelola perunggasan nasional.

Selain itu, kata dia, aturan yang bagus tanpa pengawasan yang kuat juga akan sia-sia, karena hasilnya tidak akan optimal.

Ads Air Haji

“Harus diawasi degan baik dan ketat, sehingga hasilnya bisa maksimal,” ucapnya.

Sementara Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Nasrullah mengatakan, fokus penerbitan regulasi permanen berkaitan dengan sanksi bagi pelanggara dalam bisnis perunggasan.

Dia menyebutkan, saat ini regulasi yang berlaku yakni Peraturan Menteri Pertanian Nomor 32 Tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan Pengawasan Ayam Ras dan Telur. Dalam aturan ini, pelanggaran akan diberi sanksi pencabutan izin usaha.

Hanya saja, lanjut dia, sanksi tersbeut tidak mengingat karena penerbitan izin usaha bukan oleh Kementan, sehingga aturan tidak dijalankan baik para pelaku usaha.

“Dalam hal administratif seperti ini Kementan memang kurang karena tugas utamanya menjaga produksi. Kita akan buat sebuah aturan main permanen,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.