Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Pesan Mentan: Polbangtan Harus Lahirkan SDM Andal

0 10

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Untuk menuju pembangunan pertanian yang maju di Tanah Air dibutuhkan SDM yang andal. Dengan demikian, akan menghasilkan produksi yang meningkat dan berkualitas, sehingga bisa berdaya saing di kancah internasional.

Untuk itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) terus berinovasi dalam melahirkan SDM pertanian yang siap kerja bahkan sebagai job maker ketika terjun ke masyarakat.

“Polbangtan ini salah satu kekuatan pertanian di masa depan yang menggagas pendidikan advokasi untuk mempersiapkan pertanian yang tentu berkembang lebih maju, lebih modern dan mampu membangun kemandirian petani daerah dan kemandirian nasional terhadap kebutuhan kita,” ujarnya dalam keterangannya, Rabu (29/7).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang akrab disapa SYL ini menekankan Polbangtan dapat merubah agenda pertanian yang beradaptasi dengan tantangan tantangan sektor pertanian baik dalam bidang keilmuan, riset, sains maupun dengan teknologi teknologi yang ada.

Ads Air Haji

Selain itu, juga ia meminta SDM lulusan Polbangtan harus menjadi enterpreneur pertanian di daerah yang turut memberikan energi terhadap pertanian daerahnya bahkan menjadi bagian penggerak yang menciptakan lapangan kerja (job maker).

“Pembekalan yang diberikan yakni pembekalan nasionalisme, pembekalan agama sebagai pendekatan filosofis dan yang paling penting pembelajaran mekanisasi pertanian serta teknologi pertanian,” tegas SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedy Nursyamsi mengatakan, Polbangtan Gowa adalah pabriknya petani milenial yang akan melanjutkan pembangunan pertanian.

“Ke depan alumni dari Polbangtan Gowa ini akan menjadi qualified jobseeker dan jobcreature,” ujar Dedy

Dedy menegaskan pengembangan sarana dan prasarana Polbangtan terus dilakukan untuk pembangunan pertanian ke depan utamanya menyambut pertanian maju, mandiri dan modern. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.