Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Bawang Merah di Uluere Perlu Dibantu Modal

0 11

BANTAENG, KABARPANGAN – Peningkatan produksi pertanian tidak lepas dari bantuan akses modal atau Kredit Usaha Rakyat (KUR). Oleh karena itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) berharap perbankan memberikan kemudahan modal pada para petani.

Hal itu disampaikan saat menghadiri panen bawang merah di Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada Kamis (30/7).

“Saya senang dan bahagia melihat pertanaman di sini. Dan, akan lebih bahagia apabila pihak perbankan mensupport, petani bawang Bantaeng dengan mempermudah akses KUR,” katanya.

Ke depan, lanjut dia, apa yang dilakukannya tersebut akan berdampak pada ketahanan pangan, sehingga dapat memenuhu kebutuhan nasional.

Ads Air Haji

“Sepanjang tahun 2019, alhamdulillah produksi bawang merah kita melimpah hingga 1,58 juta ton dan mampu memenuhi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengatakan, selain bawang merah, juga dikembangkan komoditas hortikultura lainnya.

“Kita kembangkan juga kentang, wortel dan kubis,”
Selain untuk memenuhi kebutuhan lokal, katanya, bawang merah juga didistribusikan untuk kebutuhan di Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan dan Papua.

“Dukungan ini sangat membantu petani Uluere. Harapan kami, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan nasional, tapi juga bisa diekspor,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.