Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Bondowoso Kendalikan Hama

0 4

BONDOWOSO, KABARPANGAN.ID – Petani Bondowoso, Jawa Timur bersama Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) melakukan pengedalian hama ulat grayak pada tanaman padi, jagung dan tembakau.

Salah satu anggota kelompok tani (Poktan) Jaya Mandiri III Haris sebelumnya mengeluhkan, kondisi lahan pertaniannya yang diserang hama kepada BPP.

Mendengar keluhan petani, penyuluh pendamping di Desa Sumber Salam Dewi Komalasari melakukan koordinasi dengan Sumantri petugas POPT setempat mengamati dan segera melakukan tindakan gerakan pengendalian hama ulat grayak.

“Banyak manfaat yang diambil dari kegiatan gerdal massal hama ulat grayak ini, selain petani merasa diperhatikan tanamannya, petani juga bisa melakukan pengamatan berkala atau berkelanjutan dan dilakukan penyemprotan bersama-sama agar hama ulat grayak tersebut bisa dikendalikan,” ujar Dewi, Senin (14/9).

Ads Air Haji

Koordinator BPP Tangsil Saifullah mengatakan, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan karena bisa lebih mempererat komunikasi dan menjaga tali silahturahmi antara petani dan penyuluh.

“Harapan saya, agar semua petani yang termasuk dalam kelompok tani dan penyuluh pertanian saling bersinergi dalam melakukan pengamatan dan pengendalian hama penyakit yang ada agar hasil panen jagungnya bisa lebih meningkat dan bagus dari sebelumnya,” ujar Saifullah.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengemukakan bahwa pandemi Covid-19 mempengaruhi perekonomian, namun sektor pertanian semakin kokoh lantaran kerja keras petani didampingi penyuluh.

“Petani harus turun ke lapangan, penyuluh harus turun ke lapangan dan mendampingi petani. Dalam kondisi apa pun, pangan tidak boleh bermasalah. Pangan tidak boleh bersoal. Untuk itu, kita harus tanam dan memastikan produksi tidak berhenti,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.