Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani di Majalengka Didorong Gunakan Teknologi

0 9

MAJALENGKA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat, bersama komisi IV DPR RI Jabar mendorong petani di Kabupaten Majalengka untuk menggunakan teknologi agar produktivitas dan kualitas meningkat.

Anggota Komisi IV DPR RI Dapil IX Jabar Sutrisno menyampaikan, di lapangan ditemukan berbagai permasalah, seperti jaminan harga dan pasar yang tidak menentu, kelangkaan sarana produksi pertanian, yakni pupuk dan obat-obatan, penanganan pascapanen, serta ketersediaan teknologi di tingkat petani.

”Selain itu terjadi degradasi alih fungsi dan lahan pertanian, serta kesuburan lahan pertanian menjadi ancaman serius pada saat ini dan masa depan,” ujarnya, Rabu (19/8).

Menjawab permasalahan tersebut, Kepala BPTP Jawa Barat Wiratno mencoba memberikan solusi atas keresehahan tersebut, yakni harus menggunakan teknologi.

BPTP Jabar sendiri telah melakukan pengkajian berbagai teknologi hasil Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan. Seperti, penerapan pertanian ramah lingkungan dengan Bioproduk, Biodekomposer dan Biopestisida.

Ads Air Haji

“Dengan Bioproduk yaitu pemanfaatan dekomposer, pupuk hayati dan pestisida nabati, mampu meningkatkan produksi padi hingga 15 persen bahkan lebih,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, BPTP Jabar juga telah menerapkan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) untuk menjaga ketahanan pangan keluarga, dan program Desa Mandiri Benih.

“Serta, kami juga menerapkan teknologi optimalisasi lahan sawah tadah hujan dan lahan kering menjadi lahan produktif dengan patbo super, turiman dan largo super,” tuturnya.

Sayangnya, kata Sutrisno, program-program pertanian tersebut belum sepenuhnya sampai kepada petani Majalengka. Untuk itu, dalam pertemuan dengan para petani dan BPTP Jabar kali ini bisa berjalan optimal sehingga pertanian di Majalengka dapat berkembang menjadi lebih maju lagi.

“Silahkan gunakan lahan-lahan pertanian yang saya miliki untuk dijadikan percontohan. Masyarakat itu perlu diberikan bukti nyata,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.