Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Flores Timur Kesulitan Air

0 8

FLOTIM, KABARPANGAN.ID – Petani Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah dilanda kekeringan. Untuk mempertahankan dan menjaga ketersediaan air, para petani melakukan penghematan dan penyadapan air.

Kesulitan air dialami di Desa Sinar Hadigala, Kecamatan Tanjung Bunga dan Kabupaten Flores Timur.

“Musim kemarau, kami kesulitan air. Debit air menurun drastis. Jadi kami terpaksa harus sadap sendiri,” kata salah seorang petani di Desa Sinar Hadigala, Fransiskus Kajuk Nitit, Rabu (16/9).

Ads Air Haji

Petani lainnya di Desa Wure, Kecamatan Adonara Barat, Antonius Gordus Was mengungkapkan, musim kemarau membuat hasil produksi di musim kemarau menjadi tidak optimal.

Selain itu, lahan mereka juga terancam hama sehingga merusak hasil tanam mereka, seperti bawang, cabe, tomat, dan beberapa jenis sayuran.

Untuk itu, kata dia, kondisi demikian seharusnya menjadi perhatian pemerintah dengan memberikan bantuan obat, bibit maupun pupuk.

“Mudah-mudahan petugas pertanian bisa turun dan melihat kondisi petani di sini agar bisa membantu kami mengatasi hama, juga membantu dengan jaringan irigasi atau bendungan untuk menjaga ketersediaan air saat kemarau ini,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.