Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Kalteng Buktikan Usaha Tani Menguntungkan

0 10

PALANGKARAYA, KABARPANGAN.ID – Usaha di sektor pertanian tengah menjadi primadona. Apalagi sektor ini malah berkontribusi besar pertumbuhan ekonomi nasional di bandingkan dengan sektor lain. Bukan hanya sekadar bicara saja, hal ini dibuktikan oleh Kelompok Tani (Poktan) Oibama di Kota Kalimantan Tengah (Kalteng) yang meraup untuk dari sektor pertanian.

Pasalnya, dengan modal Rp 17 juta, hasil produksi 20 ton. Sementara harga jual di ladang Rp 3.00 per kilogram (kg). Laba kotor sebesar Rp 60 juta dari hasil panen varietas amara. Laba bersih Rp 43 juta dipotong biaya produksi Rp 17 juta.

Karena lahan tanam 1.025 hektar milik orang lain, Poktan Oibama hanya kebagian laba bersih Rp21,5 juta dalam waktu dua bulan. Laba besar berbanding risiko. Perawatan pun rumit. Poktan Oibama di Desa Pager, Kecamatan Rakumpit tidak sendirian.

Ads Air Haji

“Petani yang mau bekerja keras dan berani mengambil risiko akan sukses usahataninya. Bekerja keras dan berani ambil risio merupakan bagian dari jiwa wirausaha,” ujar penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Mualim, Minggu (6/9).

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), bahwa usaha tani harus menguntungkan petani.

“Kalau petani untung besar maka banyak orang berbondong-bondong kembali bertani, karena paham pertanian memberi keuntungan,” ujar Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.