Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Klaten Lakukan Percepatan Tanam

0 8

KLATEN, KABARPANGAN.ID – Petani di Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, memanfaatkan sumber mata air yang berlimpah dengan melakukan percepatan pola tanam padi.
Tanam cepat ini bisa meningkatkan luas tambah tanam padi dan luas panen padi. Provitas padi rata-rata mencapai 78,40 per hektar (ha).

Percepatan tanam ini sebagai tindak lanjut program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratan), Bali Penyuluhan Pertanian (BPP) Kebonsari. Hal ini demi pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Ketua Poktan Ngudi Makmur Parno Martono mengatakan, bersyukur di desanya bisa memanfaatkan sumber air sebagai kearifan lokal untuk mengakhiri sawahnya. Bersama anggota kelompok tani lainnya, dia giat melakukan olah, tanam dan panen dengan didampingi oleh penyuluh di wilayahnya.

Ads Air Haji

“Adanya sumber air ini sangat membantu kami dalam berusahatani. Sehingga percepatan tanam bisa segera kami lakukan dengan dibantu oleh mekanisasi pertanian,” kata Parno, Sabtu (8/8).

Di tempat yang sama, penyuluh pertanian BPP Kebonarum mengungkapkan, pertanaman padi di Kecamatan Kebonarum mengunakan rice transplanter (alat penanam bibit).

“Selain sumber air yang berlimpah, tanam padi memanfaatkan rice transplanter. Ini bisa mempercepat masa tanam dan menghinari kerumuman banyak orang di masa Covid-19,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.