Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Kulon Progo Kembangkan Bawang Merah Ramah Lingkungan

0 9

KULON PROGO, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung petani di Kulon Progo, Yogyakarta, untuk mengembangkan komoditas hortikultura bawang merah yang ramah lingkungan.

Hal ini sejalan dengan program Gedor Horti atau Gerakan Mendorong Produksi, Meningkatkan Daya Saing dan Ramah Lingkungan Hortikultura.

“Pasar global menuntut produk hortikultura yang berkualitas dan aman konsumsi. Preferensi konsumen sudah mulai mempertimbangkan bagaimana proses produk dihasilkan. Oleh karena itu budi daya ramah lingkungan menjadi suatu keharusan, ” kata Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto dalam keterangannya, Rabu (5/8).

Menurut Anton, sapaan akrabnya, tanaman ramah lingkungan sebagaimana arahan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang menuntut sektor pertanian tetap berproduktif di tengah pandemi Covid-19, termasuk bawang merah.

“Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, pertanian harus maju terus, pangan harus tersedia dan rakyat tidak boleh bermasalah soal pangan,” kata Mentan.

Ads Air Haji

Diketahui, Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten sentra bawang merah di Provinsi DI Yogyakarta. Beberapa kecamatan sentra bawang merah yaitu Kecamatan Sentolo, Panjatan, Lendah, Wates dan Galur.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo Aris Nugroho mengatakan, pada tahun 2020 Kabupaten Kulon Progo menargetkan lahan bawang merah seluas 700 hektar.

“Sampai dengan bulan Juni, luas tanam bawang merah sudah mencapai 308 hektar. Pada tahun 2019 produksi bawang merah di Kabupaten Kulon Progo mencapai 6.135 ton dengan luas areal tanam seluas 616 hektar,” ungkap Aris.

Lebih lanjut Aris mengatakan untuk mendukung program tersebut, selain perluasan, pihaknya juga akan mengintensifkan pembinaan dan pengawasan terhadap proses penanaman bawang merah, termasuk penerapan budidaya bawang merah ramah lingkungan.

Sementara PPL Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo Sri Hartati menyampaikan, petani bawang merah di Kecamatan Lendah baru mulai merintis budi daya ramah lingkungan di tahun 2020 ini.

“Total luas lahan bawang merah di Kecamatan Lendah ada 20 hektar (ha) dan sekitar 20 persen atau 4 ha mulai merintis budi daya ramah lingkungan di Desa Bumirejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.