Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Menunggu Pupuk Subsidi 1,4 Juta Ton

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk segera mendistribusikan pupuk bersubsidi sebanyak 1,4 juta ton. Pasalnya, pupuk tersebut sebentar lagi akan digunakan petani pada musim tanam padi periode Oktober 2020 hingga Maret 2021.

“Saya harap untuk 2020 ini subsidi pupuk bisa segera keluar sebesar 1,4 juta ton. Sehingga Oktober-Maret, petani dapat menggunakan pupuk subsidi dan produktivitasnya tetap baik,” kata Ketua Umum KTNA, Winarno Tohir dalam keterangannya, Rabu (26/8).

Pupuk subsidi, lanjut Winarno, jangan sampai berkurang apalagi sulit didapatkan. Sebab hal ini akan berpengaruh pada target pencapaian produksi panen tahun depan.

“Saya khawatir kalau petani menggunakan pupuk non subsidi, produktivitas akan tertanggu. Ini mesti dihindari,” ucapnya.

Ads Air Haji

Berdasarkan data BPS, PDB pertanian pada kuartal II/2020 PDB mencapai 16,24 persen secara kuartalan. Adapun secara tahunan sektor pertanian tetap berkontribusi positif dengan pertumbuhan 2,19 persen.

Dengan capaian ini, kata Winarno, pertanian harus terus tumbuh supaya kebutuhan pangan nasional terpenuhi dengan baik. Upaya itu misalnya bisa dengan memberi sarana produksi kepada para petani seperti akses ketersediaan air, akses benih berkualitas dan pasar yang stabil.

Sementara Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mendukung adanya penambahan anggaran pupuk bersubsidi. Dengan penambahan akan menjamin kesejahteraan petani.

“Sampai saat ini kita akan terus dorong penambahan subsidi pupuk untuk petani. Semoga dalam waktu dekat ini ada keputusan untuk menambah subsidi pupuk untuk petani kita,” tukasnya. (mh/kp)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.