Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Pandeglang Kendalikan Hama

0 7

PANDEGLANG, KABARPANGAN.ID – Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) bersama Kelompok Tani Karya Nyata II di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, melakukan Gerakan Pengendali (Gerdal) secara massal memberantas Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) hama Wereng Batang Cokelat (WBC).

Petugas POPT Kecamatan Pulosari Sunardi mengatakan, tanaman padi di lahan seluas 25 hektar (ha) tersebut sudah berumur 50 Hari Setelah Tanam (HST).

“Kami melakukan Gerakan Pengendalian di Kecamatan Pulosari, karena populasi sudah mencapai lebih dari tunas. Tunas di sini saat itu mencapai 13, populasi sudah mencapai 15, ini sudah harus dikendalikan,” ujarnya, Rabu (2/9).

Ads Air Haji

Menurut Sunardi kondisi pertanaman relatif dalam kondisi terkendali. Meski demikian, untuk pencegahan pengamatan intensif baik mandiri oleh petani maupun petugas POPT dan PPL terus menerus dilakukan. Gerdal direkomendasikan setelah melakukan pengamatan dan ditemukan populasi sudah mencapai lebih dari tunas.

Sunardi menjelaskan, pemicu serangan WBC disebabkan oleh beberapa hal, yakni penanaman varitas padi yang peka terhadap wereng coklat seperti ketan, hibrida dan varitas peka lainnya. Kemudian, terbunuhnya banyak musuh alami wereng coklat akibat penyemprotan insektisida/racun pada pesemaian dan tanaman muda

Hal lain kata Aceng,  yakni kondisi lingkungan yang cocok untuk perkembangan wereng coklat, cuaca sering hujan- panas, musim kemarau yang masih banyak hujan sehingga menciptakan iklim mikro yang lembab dan hangat serta adanya migrasi wereng karena tanam tidak serentak dan  tanam terus menerus.

Terpisah, pengendalian OPT Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan pentingnya memfasilitasi BPP dengan sarana dan prasarana seperti komputer dan IT. Karena melalui IT penyuluh maupun Kementan bisa menyampaikan bagaimana caranya pengendalian OPT.  (mh/kp)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.