Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Probolinggo Keluhkan Benih Bawang Merah TSS Kemahalan

0 13

PROBOLINGGO, KABARPANGAN.ID – Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu sentra produksi bawang merah di Jawa Timur. Tanaman hortikultura ini memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan.

Berdasarkan data statistik, produksi bawang merah pada 2018 di Kabupaten Probolinggo mencapai 50.632 ton dengan luas lahan pertanaman sebesar 7.416 hektar (ha).

Sementara 2019 tercatat, produksi bawang merah di Kabupaten Probolinggo mencapai 56.060 ton dengan luas lahan pertanaman sebesar 7.234 ha.

Dari data tersebut diketahui bahwa produktivitas tanaman bawang merah di Kabupaten Probolinggo mengalami peningkatan yang signifikan dari 6,8 ton/ha pada 2018 meningkat menjadi 7,75 ton/ha pada 2019.

Salah satu ketua kelompok tani, Amar Ma’ruf yang membudidayakan bawang merah di Desa Mentor Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggi, mengeluhkan harga benih bawang merah True Shallot Seed (TSS) yang mahal. Untungnya, ia mendapat bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo.

Ads Air Haji

Dari bantuan itu, dia mengembangkan bawang merah TSS yang diawali dengan pembuatan rumah bibit untuk kegiatan pembibitan.

”Diawal sempat gagal. Karena kurang kokohnya bangunan rumah bibit, kena hujan lebat jadi roboh,” katanya, Jumat (7/8).

Menurut dia, kelebihan bawang merah jenis TSS adalah bebas penyakit yang berasal dari seed born deaseas, tidak adanya masa dormansi bibit yang biasanya di umbi terjadi di awal pertanaman.

“Selain itu, perawatan setelah pindah tanam lebih mudah,” ujarnya.
Namun berdasarkan uji coba, lanjut dia, benih TSS ini memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu lebih lama dari pada budidaya menggunakan bibit dari umbi bawang merah.

“Rata-rata waktu yang dibutuhkan mulai pembibitan sampai panen mencapai 115 HSS. Dengan rincian kegiatan 35-40 hari pembibitan dan 75 hari penanaman hingga panen,” tuturnya.

“Jika dilihat dari sisi produksi bawang merah jenis TSS lebih unggul baik produktivitas maupun fisiologis umbi lebih besar, dengan warna merah mengkilat dan aroma yang tajam sesuai dengan diskripsi varietas bawang merah TSS,” ujarnya lagi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.