Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Sigi Didorong Diversifikasi Pertanian

0 7

SIGI, KABARPANGAN.ID – Pemerintah Daerah (pemda) Sulawesi Tengah (Sulteng) mendorong para petani di Kabupaten Sigi untuk melakukan diversifikasi tanaman, sehingga dapat meningkatkan pendapatan di masa pandemi Covid-19.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapata mengatakan, petani di wilayahnya untuk budidaya tanaman yang sedang digemari masyarakat.

“Kalau sekarang hanya menanam komoditi tertentu saja, maka sekarang ini harus mencari komoditi lain yang sangat dibutuhkan pasar,” ujarnya, Sabtu (22/8).

Ads Air Haji

Kata dia, salah satu komoditi pertanian yang saat ini banyak permintaan adalah tanaman kopi.

“Jika jeli melihat peluang pasar, maka pendapatan dan kesejahteraan petani akan lebih baik lagi. Saya lihat ini banyak masyarakat yang mengonsumsi minuman kopi, ini harus dimanfaatkan peluang ini,” ucapnya.

Dikatakan, ada beberapa wilayah yang sangat cocok bagi pengembangan tanaman kopi secara besar-besaran seperti di Dataran Kulawi Raya. Di Kulawi Raya ada empat kecamatan yakni Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro yang sedang didorong Pemkab Sigi menjadi sentra produksi kopi.

Wilayah-wilayah itu memiliki potensi besar menjadi sentra kopi di Sigi, sebab selain lahan tersedia, juga didukung kondisi tanah subur dan iklim. (mh/kp)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.