Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Petani Sudah Saatnya Beralih Gunakan Teknologi 4.0

0 12

JAKARTA, KABARPANGAN.DI – Untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang berkualitas memang sudah saatnya petani di Tanah Air beralih menggunakan sistem teknologi 4.0.

Ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo untuk mengoptimalkan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) sebagai Komando Strategis Pertanian (Kostratani) melalui pendekatan teknologi informasi 4.0.

Terkait hal itu, Pusat Pendidikan Pertanian melaksanakan kegiatan brainstorming tentang implementasi aplikasi informasi pertanian dengan mendatangkan tim dari Pusat Data Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian (Kementan) ke BPP Pacet, Cianjur, Jawa Barat.

Ads Air Haji

Tujuan kegiatan ini adalah agar BPP Pacet dapat menjadi model BPP Kostratani yang dapat mengimplementasikan aplikasi informasi pertanian sehingga penyuluh dapat dengan cepat memberikan informasi terkait kostratani seperti data komoditas pertanian, petani dan penyuluh pertanian serta layanan informasi yang prima kepada petani.

Koordinator Penyuluh BPP Pacet Lela mengatakan, data yang akurat dan real time menjadi prioritas BPP Pacet untuk mendukung tersedianya data untuk pembangunan pertanian.

“Data dari masing-masing daerah diinput melalui aplikasi yang sudah dibuat oleh Kementerian Pertanian diharapkan dapat membantu memetakan kebutuhan petani di wilayah kerja BPP Pacet ataupun kebijakan nasional,” katanya di Pacet, Kamis (6/8). (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.