Portal Berita Online
Ads Beras Haji

PPI Bantu Stabilkan Harga Ayam Hidup Potong

0 7

JAKARTA,KABARPANGAN.ID – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) membantu pemerintah menstabilkan harga ayam siap potong atau livebird dengan menyerap hasil peternak mandiri. Sebab belakangan ini harga ayam potong mengalami fluktuatif.

Direktur Teknik dan Pengembangan PPI Prasetiyo Indroharto mengatakan, sejak Maret sampai saat ini harga ayam siap potong fluktuatif sehingga peternak mandiri terkena imbas.

Namun, lanjut dia, di sisi lain harga pakan Day Old Chicken (DOC) relatif mengalami kenaikan. Nah, kondisi ini membuat margin peternak mandiri jadi berkurang.

Ads Air Haji

Untuk mengatasi hal itu, Perseroan bersama pihak terkait akan menyerap ayam hidup dari para peternak mandiri. Nantinya, daging ayam yang sudah dibeli akan dijual ke beberapa pasar yang berada di jaringan PPI dan sebagian akan disimpan hingga harga stabil.

“Saat ini, kita masuk ke tahap persiapan tempat penyimpanan pendingin pada lokasi strategis untuk mengcover wilayah pasar,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (10/8).

Lanjut dia, tempat penyimpanan tersebut dipersiapkan untuk produk livebird hasil offtake dari peternak mandiri dan telah dilakukan processing menjadi bentuk karkas atau boneless.

Diharapkan, koordinasi ini dapat segera merealisasikan rencana tersebut, secepat dan semaksimal mungkin. Pelaksanaan rencana ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.