Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Produk Pertanian Berkualitas, Perlunya Digitalisasi Pedesaan

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sektor pertanian memiliki peluang untuk bisa mengatasi krisis akibat pandemi Covid-19. Sebab hampir 75 persen seluruh wilayah Indonesia terdiri dari pedesaan.

Oleh karena itu, Ketua Dewan Pengawas Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI) Budiman Sudjatmiko mendoorong petani mulai memanfaatkan digitalisasi dalam pengolahan pertanian.

Ads Air Haji

“Pandemi telah menghantam sektor-sektor bisnis, tapi sektor pertanian di desa masih positi dan negara yang mempunyai tanah yang luas pertanian memiliki pelaung lebih untuk segera bagkit dari krisis,” katanya dalam video daring, Minggu (9/8).

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal II/2020 sektor pertanian tumbuh positif sebesar 16,24 persen. Jadi, yang dibutuhkan saat ini Sumber Daya Manusia (SDM) di desa yang bisa melek dengan digitalisasi.

“Sekarang ada Palapa Ring, tapi kan hanya mirip jalan tol saja yang melintas dari Sabang sampai Merauke, sementara ada jalan-jalan kecil yang belum diaspal. Nah, jadi pemerintah daerah harus aktif melakukan digitalisasi di wilayahnya masing-masing,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.