Portal Berita Online

Produk UMKM Pengolahan Ikan Jabar Didorong ke Tingkat Nasional

0 9

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Sebagai salah satu bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Unit Pengolah Ikan (UPI) memainkan peran strategis dalam pembangunan perekonomian nasional. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), tercatat sebanyak 62.389 UPI se-Indonesia di tahun 2019.

Dari jumlah tersebut, volume produksi olahan ikan yang dihasilkan mencapai 6,85 juta ton.

“Fakta ini menjadi salah satu indikator bahwa sektor perikanan mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, terutama dalam meningkatkan perluasan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat,” kata Sekretaris Ditjen PDSPKP, Berny A Subki dalam video daring, Jumat (11/9).

Khusus di Jawa Barat, Berny menilai UPI sebagai bisnis yang potensial untuk dikembangkan seiring dengan upaya pemerintah daerah dalam menggenjot angka konsumsi ikan. Berdasarkan data Provinsi Jabar, pada tahun 2019 Angka Konsumsi Ikan (AKI) Provinsi Jawa Barat hanya mencapai 30,53 kg/kapita. Angka ini masih jauh dari AKI nasional yang sudah mencapai angka 54,49 kg/kapita di tahun yang sama.

Karenanya, inovasi produk olahan ikan sangat diperlukan guna memberikan pilihan sekaligus memudahkan masyarakat mengonsumsi ikan.

“Saat ini yang diperlukan oleh masyarakat adalah produk-produk yang ready to cook dan ready to eat. Pangsa pasar potensial saat ini adalah kaum milenial yang populasinya di Indonesia mencapai 90 juta jiwa, dan yang menarik minat mereka adalah produk yang kekinian dengan kemasan menarik,” terang Berny.

Salah satu pelaku UKM perikanan Jawa Barat, Yudhi Winarso mengamini potensi tersebut. Menurutnya Jabar merupakan daerah yang mempunyai bahan baku yang melimpah, baik ikan air tawar maupun ikan laut.

Pemilik label ‘Rizky Food’ ini mengaku kapasitas produksi usaha olahan ikan dan udang miliknya mencapai 2 ton perhari dengan bahan baku 90 persen adalah ikan patin. Melalui jaringan pemasaran di 30 toko/cabang yang tersebar di kota Bandung, Bogor, Sukabumi dan Tasikmalaya, Yudhi bisa menghasilkan omzet lebih dari Rp7 miliar per tahun.

“Enggak muluk-muluk memasarkan jauh-jauh, cukup fokus di Jawa Barat saja usaha saya sudah berkembang dan bisa mencapai omzet Rp600 juta per bulan,” tukas Yudhi. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.