Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Produknya Berkualitas, Batam Kembali Ekspor Sarang Burung Walet ke Cina

0 23

BATAM, KABARPANGAN.ID – Batam kembali melakukan ekspor sarang burung bareng ke Cina sebanyak 36 kilogram (kg).

“Ini untuk kali kedua kami ekspor ke Tongkok, setelah dua bulan lalu ekspor dengan tujuan Xiamen City dan berjalan lancar,” kata eksportir sarang burung walet PT HS, MS Zhan Shuqi dalam keteranagannya, Rabu (5/8).

Karantina Pertanian Batam, Drh Rydha Kurnia menjelaskan, Tiongkok menetapkan persyaratan yang ketat terhadap pemasukan sarang burung walet ke negaranya, yaitu ketelusuran (traceability), bersih dengan kandungan nitrit kurang dari 30 ppm, dan telah diproses dengan pemanasan selama 70 C selama 3,5 detik.

Ads Air Haji

Selain itu, lanjut Rydha, tempat pemrosesan juga harus ditetapkan sebagai Instalasi Karantina Hewan dan mendapatkan nomor registrasi oleh Badan Karantina Pertanian.

“Begitu juga dengan rumah walet yang menjadi sumber bahan baku sarang burung walet harus teregistrasi oleh Badan Karantina Pertanian,” ujarnya.

Kepala Karantina Pertanian Batam Ir Joni Anwar MMA menambahkan, bahwa ekspor tersebut merupakan perdana tujuan untuk Shanghai.

“Di masa kenormalan baru ini, kami siap menjadi fasilitator dalam percepatan ekspor komoditas pertanian di Kepulauan Riau, khususnya Batam,” pungkasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.