Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Produksi Beras Diprediksi Turun 2 Juta Ton Tahun Ini

0 7

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Produksi beras tahun ini diperkirakan mengalami penurunan sekitar 2 juta ton. Penurunan disebabkan ada beberapa faktor antara lain berkurangnya stok beras Bulog dan cadangan beras pemerintah di awal tahun 2020.

“Selanjutnya, produksi beras petani juga akan mengalami penurunan,” ujar Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI), Dwi Andreas Sentosa dalam video daring, Jumat (18/9).

Disebutkan, stok beras Bulog saat ini sekitar 1,4 juta ton. Padahal di tahun 2019, stok beras Bulog di bulan Juni masih 2,2 juta ton. Artinya, stok beras Bulog sudah berkurang 800.000 ton.

Bulan Juni, kata dia, jumlah stok beras setelah dikurangi konsumsi hanya sebesar 6,77 juta ton dan lebih rendah 2,5 juta ton dibandingkan tahun sebelumnya.

Ads Air Haji

“Dari data yang saya peroleh, cadangan beras pemerintah di awal tahun 2020 juga turun 300.000 ton dibandingkan tahun 2019 . Artinya itu semua stok beras sudah berkurang 1,1 juta ton beras,” kata Guru Besar IPB University.

Dwi mengungkapkan, produksi beras petani sepanjang tahun ini juga berkurang 1 juta ton yang disebabkan terjadinya mundurnya musim tanam selama satu bulan. Akibatnya waktu panen pun mengalami keterlambatan yang mengakibatkan penurunan produksi beras petani.

“Otomatis, luas areal tanam dan luas panen juga berkurang. Karena secara riil, produksi beras selama Januari-Juni 2020 sudah turun 1,5 juta ton. Semester kedua, produksi beras akan mengalami sedikit lebih tinggi karena didukung iklim La Nina,” pungkasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik dua tahun terakhir, tren produksi beras memang terus menurun. Pada tahun 2019, secara total produksi beras mencapai 31,31 juta ton. Angka itu pun turun di posisi dari posisi 2018 yang mencapai 33,94 juta ton beras. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.