Portal Berita Online
Ads Beras Haji

Produksi Gula Naik Tipis Tahun Ini

0 4

JAKARTA, KABARPANGAN.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan produksi gula tahun ini akan naik tipis dari posisi tahun lalu. Kenaikan produksi karena minimnya gangguan iklim dan luasan lahan yang tetap dipertahankan.

Kementan mencatat, realisasi gula kristal putih hingga 11 Agustus 2020, volume produksinya mencapai 895.952 ton. Sementara hingga akhir tahun total produksinya bisa mencapai 2,224 juta ton.

“Tahun lalu produksinya 2,221 juta ton. Tahun ini ada sedikit kenaikan, karena iklim relatif tidak ada gangguan sehingga tidak ada anomali,” ujar Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, Bagus Hudoro, Senin (7/9).

Saat ini, kata dia, luas areal tanaman tebu mencapai 413.186 hektar serta tingkat rendemen 7,7 persen rata-rata nasional. Puncak panen tebu diperkirakan pada bulan November mendatang.

Ads Air Haji

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Soemitro Samadikoen mengeluhkan banyak gula petani yang tidak laku terjual.

“Saat ini masih panen. Sejak bulan Juli, Agustus banyak yang belum laku, jadi hanya dijual ke importir gula saja. Itu pun yang sudah ada perjanjian penyerapan,” ujarnya.

Dia juga meminta pemerintah untuk memperbaharui acuan pembelian harga gula di tingkat petani Permendag Nomor 7/2020 sebesar Rp 9.100 per kg. Adapun di tingkat konsumen maksimal Rp 12.500 per kg.

“Petani menjerit, lima tahun harga tidak pernah naik. Tolong perhatikan nasib petani tebu, karena yang kena dampak Covid-19 bukan hanya UMKM, tapi petani juga,” tukasnya. (mh/kp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.